Ssst Ini 7 Tips Meningkatkan Produktivitas untuk Karyawan yang Bekerja Shift

Shift worker adalah istilah yang ditujukan untuk seorang karyawan yang bekerja dengan sistem jam kerja bergilir. Shift worker biasanya tidak memiliki jam kerja yang sama setiap bulannya. Karena dalam satu minggu, seorang shift worker biasanya bisa mendapatkan jadwal untuk bekerja di pagi, siang, atau sore hari.

Jam kerja seorang shift worker biasanya dibedakan menjadi tiga waktu, yaitu 07.00-16.00, 16.00-01.00, atau 01.00-10.00. Namun, hal ini bisa berbeda-beda untuk setiap karyawan, tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Tidak bisa dipungkiri memang, jam kerja tidak menentu inilah yang kadang bisa membuat produktivitas karyawan menurun, terlebih jika karyawan tersebut baru pertama kali bekerja dengan sistem shift, atau karyawan yang sedang mendapatkan giliran untuk bekerja di shift malam. Namun,  jangan khawatir karena sebagai HRD ada berbagai tips meningkatkan produktivitas shift worker yang bisa diterapkan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

 

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja untuk Shift Worker

Beberapa hal yang biasanya bisa menjadi pemicu berkurangnya produktivitas seorang shift worker adalah jam kerja yang kadang tidak menentu dan suasana kantor yang cenderung sepi (terlebih jika karyawan mendapatkan jadwal shift malam). Untuk mengatasi hal ini ada baiknya HRD menerapkan beberapa tips di bawah ini: 

1. Bangun suasana kerja yang kondusif dan senyaman mungkin

Untuk beberapa karyawan, suasana kantor yang kondusif dan nyaman sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Oleh karena itu, mulai sekarang yuk ciptakan suasana kerja yang nyaman dan kondusif bagi semua karyawan. Beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman adalah dengan memberikan fasilitas lengkap yang bisa menunjang kerja karyawan dan membuat karyawan merasa lebih nyaman bekerja. Misalnya menyediakan internet dengan kecepatan yang tinggi, tempat duduk yang nyaman, dan AC di ruangan yang dingin. Selain itu, cara membangun suasana kerja yang nyaman juga bisa dilakukan dengan menganggap karyawan seperti keluarga. Sehingga karyawan bisa merasa nyaman dan tidak merasa tegang saat bekerja.

2. Jalin hubungan baik dengan semua karyawan

Menjalin hubungan baik dengan karyawan ternyata juga merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Karena ketika HRD menjalin hubungan baik, karyawan akan merasa nyaman untuk bekerja dan merasa lebih dihargai, sehingga secara tidak langsung produktivitas kerja pun akan meningkat. Beberapa cara yang bisa HRD lakukan untuk menjalin hubungan baik dengan karyawan adalah dengan rutin bertanya kepada karyawan mengenai kendala yang dihadapi, mendengarkan cerita karyawan, atau sekedar menjadi teman makan karyawan.

3. Siapkan makanan dan minuman untuk semua karyawan

Tidak bisa dipungkiri memang, kerja dengan sistem shift bisa membuat karyawan menjadi mudah mengantuk dan tidak konsentrasi kerja, khususnya untuk karyawan yang mendapatkan shift malam. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya HRD menyiapkan makanan dan minuman bagi karyawan. Gak harus makanan atau minuman yang berat (seperti makan pagi, makan siang, atau makan malam) kok. Kadang menyiapkan mie dan kopi instan di kantor juga sudah cukup bermanfaat untuk membuat karyawan menjadi lebih semangat dan konsentrasi saat bekerja.  

BACA JUGA: Pengertian dan 5 Tips Membangun Talent Pool

4. Berikan jadwal kerja karyawan dari jauh-jauh hari

Jadwal kerja shift worker biasanya bisa berubah-ubah setiap bulannya. Untuk mencegah produktivitas karyawan berkurang, jangan ragu untuk memberikan informasi mengenai jadwal kerja shift worker dari dua minggu atau satu bulan sebelumnya ya. Hal ini berguna untuk membuat karyawan bisa menyiapkan diri dengan sebaik mungkin.

5. Berikan hak karyawan

Ayo coba ingat lagi kira-kira ada gak hak karyawan yang pernah dijanjikan saat sistem perekrutan karyawan, namun saat ini belum diberikan. Misalnya saja hak mengambil cuti setelah tiga bulan bekerja ataupun hak mendapatkan produk dari kantor. Kalau ternyata ada hak karyawan yang belum diberikan, sebaiknya berikan secepatnya ya. Sayang banget kalau produktivitas karyawan menurun hanya karena perusahaan tidak memberikan hak karyawan.

 

6. Berikan apresiasi kepada karyawan

Kadang apresiasi kecil yang diberikan perusahaan bisa bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan lho. Karena karyawan akan merasa bahwa setiap kerja kerasnya telah sangat dihargai. Apresiasi yang diberikan juga gak harus selalu dalam bentuk yang besar seperti memberikan hadiah gadget atau hadiah uang jutaan rupiah kok. Kadang ucapan terima kasih, ajakan makan siang bersama, dan satu batang cokelat sudah bisa membuat karyawan merasa di apresiasi.

BACA JUGA: Buat Karyawan Betah Bekerja dengan Melakukan Stay Interview

7. Berikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti berbagai pelatihan

Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti berbagai pelatihan guna meningkatkan kemampuan ternyata merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja lho. Hal ini karena, ketika diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan, karyawan akan merasa lebih dihargai. Jadi, secara tidak langsung semangat dan produktivitas karyawan untuk bekerja juga akan semakin meningkat. Kalau kamu ingin memberikan pelatihan berkualitas untuk karyawan, gunakan Pijar Mahir ya. Karena di Pijar Mahir ada banyak pilihan pelatihan berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau.

 

Pada dasarnya meningkatkan produktivitas kerja untuk shift worker tidak sesulit yang dibayangkan ya. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan lupa untuk menerapkan beberapa hal di atas. Karena tidak bisa dipungkiri, meningkatnya produktivitas kerja karyawan akan sangat memudahkan HRD untuk menjalankan manajemen perusahaan. Untuk semakin memudahkanmu mengatur manajemen perusahaan, yuk gunakan Pijar Corpu.

Pijar Corpu adalah sebuah platform yang disiapkan  untuk menjadi strategic engine gunat mengintegrasikan tujuan organisasi, performansi organisasi dan orang-orang yang berada dalam ekosistem Organisasi yang didukung sistem pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management) dan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Learning Management).

 

Dalam rangka mencapai objektif perusahaan, setiap bidang bertanggung jawab untuk melakukan peningkatan kapabilitas fungsi masing-masing baik bagi individu, proses hingga teknologi dan menciptakan awareness di lingkungan Organisasi. Produk yang akan dikembangkan oleh Pijar Corpu berdasarkan pengalaman implementasi pada beragam Corporate University dengan beragam bisnis proses untuk membantu perusahaan mendapatkan solusi yang terbaik untuk penyelesaian masalah dan pemenuhan kebutuhan yang ada di internal dan eksternal perusahaan, baik dalam skala regional, nasional maupun internasional. Saat ini Pijar Corpu telah dipercaya menjadi partner talent management system berbagai korporasi besar di Indonesia.

Referensi

https://peoplemanagingpeople.com/articles/improving-experience-shift-workers/

https://www.sesamehr.com/blog/how-do-you-manage-shifts/

https://zipschedules.com/en/shift-work-schedules/working-shifts.html

 

 

Artikel Terkait