Pengertian dan 5 Tips Membangun Talent Pool

Tahukah kamu membangun talent pool  ternyata bisa sangat bermanfaat untuk memudahkanmu melakukan proses rekrutmen karyawan baru lho. Nah, kalau kamu ingin tahu cara membangun talent pool yang efektif, simak informasi di bawah ini ya.

Talent pool atau kumpulan bakat adalah database profil kandidat yang tertarik bekerja di suatu perusahaan. Database ini bisa berisi campuran orang-orang yang pernah melamar sebelumnya ke perusahaan, namun saat itu belum ada posisi yang cocok untuknya. Selain itu, talent pool juga berisi database orang-orang yang memiliki keahlian khusus atau orang-orang dengan profil yang lebih umum, seperti kandidat pasif, dan mantan karyawan.

Cara membangun talent pool

Salah satu manfaat membangun talent pool yang sayang untuk dilewatkan adalah sebagai HRD kamu tidak perlu memasang iklan lowongan kerja atau menggunakan jasa head hunter untuk mencari karyawan baru. Karena kamu hanya perlu mencari kandidat karyawan di talent pool yang sudah ada. Selain itu, talent pool juga bermanfaat untuk memudahkanmu mendapatkan calon karyawan dengan talenta yang sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Beberapa tips mudah yang bisa kamu terapkan untuk membangun talent pool, yaitu:

 

1. Buat halaman khusus untuk talent pool

Salah satu cara paling mudah untuk membangun talent pool adalah dengan membuat halaman khusus atau landing page di  website perusahaan. Landing page tersebut bisa berisi mengenai lowongan pekerjaan, informasi mengenai tips kerja, dan formulir untuk calon karyawan.

Pada bagian paling atas formulir kamu bisa memberikan informasi kepada calon karyawan, bahwa walaupun mungkin posisi yang diinginkan belum ada, calon karyawan diharapkan bisa mengisi formulir dengan sebaik mungkin dan memasukkan CV. Karena tidak menutup kemungkinan, bahwa di masa yang akan datang, calon karyawan akan dihubungi kembali jika dirasa ada jabatan yang cocok. Di formulir tersebut kamu bisa meminta calon karyawan untuk mengisi nama, tanggal lahir, dan keahlian yang dimiliki.

 

2. Jalin hubungan baik dengan calon karyawan yang belum lolos seleksi

Menjalin hubungan baik dengan kandidat pernah melamar pekerjaan tetapi tidak lolos adalah cara tepat lainnya untuk membangun talent pool. Pada dasarnya menjalin hubungan baik juga sudah bisa dilakukan saat kamu melakukan proses rekrutmen, beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

·         Tepat waktu saat melakukan wawancara

·         Jawab pertanyaan kandidat secepat mungkin

·         Selalu informasikan kepada kandidat mengenai tahapan seleksi selanjutnya yang perlu diikuti

·         Jujurlah tentang apa yang dapat diharapkan kandidat dari pekerjaan dan perusahaan

·         Bila memungkinkan, beri tahu alasan kenapa karyawan belum cocok bekerja di perusahaan

Jika kamu melakukan hal-hal di atas, maka tidak ada alasan bagi kandidat untuk enggan kembali melakukan proses rekrutmen dengan perusahaan kedepannya, kecuali jika kandidat merasa perusahaan bukanlah tempat yang tepat untuk mereka.

3. Simpan database mahasiswa magang yang ada di perusahaan 

Tidak bisa dipungkiri memang mahasiswa magang di perusahaan merupakan salah satu sumber talent pool yang sangat baik. Karena mahasiswa magang biasanya memiliki keinginan yang sangat besar untuk terus belajar dan bekerja dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, jika sekiranya di perusahaan kamu ada mahasiswa magang yang dinilai bertalenta dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka segera simpan datanya.

4. Periksa lagi keahlian karyawan yang sekarang bekerja di perusahaan

Karyawan yang saat ini bekerja merupakan sumber talent pool yang jarang mendapat perhatian oleh HRD. Padahal tidak bisa menutup kemungkinan bahwa di masa depan, karyawan yang ada saat ini cocok untuk  menempati suatu posisi pekerjaan yang berbeda dengan sebelumnya.

Oleh karena itu, ada baiknya juga kamu mulai memeriksa dan mengategorikan karyawan yang bekerja saat ini, sesuai dengan minat serta keahlian yang dimiliki. Selain itu, jika ada karyawan yang dinilai sangat bertalenta dan cocok untuk menempati jabatan pekerjaan yang tinggi, minta karyawan tersebut untuk terus mengikuti pelatihan guna meningkatkan keahlian yang dimiliki.

5. Jangan lupakan mantan karyawan

Sama halnya seperti karyawan yang saat ini bekerja di perusahaan, ada baiknya kamu juga tidak melupakan mantan karyawan yang telah resign. Karena tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, kamu akan sangat memerlukan mantan karyawan tersebut.  Oleh karena itu, ketika ada karyawan yang resign ada baiknya jika kamu tetap menyimpan datanya dan terus berkomunikasi, terlebih untuk karyawan yang memang sangat bertalenta.

Memiliki kumpulan bakat atau talent pool memang sangat baik. Namun, jika kamu telah memilikinya jangan lupa untuk terus memantaunya dan menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang ada dalam talent pool tersebut ya. Jadi, di masa depan jika kamu membutuhkan calon karyawan dari database yang ada, kamu bisa dengan mudah menghubunginya.

Karena tidak bisa dipungkiri membangun dan mengelola talent pool merupakan salah satu cara paling efektif untuk memudahkanmu mengelola manajemen perusahaan. Untuk semakin memudahkanmu mengelola manajemen perusahaan, yuk gunakan Pijar Corpu.

Pijar CorpU adalah sebuah platform disiapkan untuk menjadi strategic engine yang dapat mengintegrasikan tujuan organisasi, performansi organisasi dan orang-orang yang berada dalam ekosistem Organisasi yang didukung sistem pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management) dan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Learning Management).

Dalam rangka mencapai objektif perusahaan, setiap bidang bertanggung jawab untuk melakukan peningkatan kapabilitas fungsi masing-masing baik bagi individu, proses hingga teknologi dan menciptakan awareness di lingkungan Organisasi.

Produk yang akan dikembangkan oleh Pijar CorpU berdasarkan pengalaman implementasi pada beragam Corporate University dengan beragam bisnis proses untuk membantu perusahaan mendapatkan solusi yang terbaik untuk penyelesaian masalah dan pemenuhan kebutuhan yang ada di internal dan eksternal perusahaan, baik dalam skala regional, nasional maupun internasional. Saat ini Pijar Corpu telah dipercaya menjadi partner talent management system berbagai korporasi besar di Indonesia.

Referensi

https://harver.com/blog/talent-pool/

https://www.recruiter.com/recruiting/7-ways-to-build-effective-talent-pools/

https://www.shrm.org/resourcesandtools/hr-topics/talent-acquisition/pages/4-steps-for-developing-a-talent-pool.aspx

Artikel Terkait