Metode mencatat Cornell:Cara Mudah Memahami Materi Pelajaran

Kamu ingin proses mencatat materi pelajaran menjadi lebih menyenangkan, mudah dilakukan, dan bisa bermanfaat untuk membuatmu memahami materi pelajaran dengan sangat baik? Kalau iya, yuk cari tahu salah satu metode mencatat pelajaran yang sedang populer, yaitu Cornell note taking atau metode mencatat Cornell.

Pada dasarnya Cornell note taking atau metode mencatat Cornell adalah metode untuk mengambil, mengatur, dan meninjau catatan mengenai suatu materi pelajaran. Meskipun baru populer beberapa tahun belakangan ini,  metode mencatat Cornell ternyata sudah ada sejak  tahun 1950-an lho. Metode mencatat Cornell awalnya dirancang oleh Prof. Walter Pauk dari Universitas Cornell.  Hingga saat ini metode mencatat Cornell  telah digunakan oleh banyak siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan, dari mulai kelas 1 SD-XII SMA, hingga mahasiswa di perguruan tinggi.

 

Manfaat metode mencatat Cornell

Pada dasarnya metode mencatat Cornell bermanfaat untuk membuatmu mampu berpikir kritis tentang materi penting dari setiap pelajaran dan membuatmu mampu menjelaskan materi pelajaran secara rinci. Hal ini bermanfaat agar nantinya kamu bisa mengerjakan soal ujian dan mempraktekkan materi pelajaran dengan baik.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan membuat metode mencatat Cornell adalah catatan menjadi mudah lebih mudah diatur dan dan dibaca. Hal ini akan memudahkanmu untuk menemukan catatan penting dari materi pelajaran dan membantu mengingat serta memahami poin-poin penting yang dibahas di setiap kelas. Metode mencatat Cornell umumnya dapat berguna bagi siswa yang baru mengenal tulisan tangan atau bagi siswa yang ingin meningkatkan keterampilan mencatat.

Cara membuat metode mencatat Cornell

Pada dasarnya ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk membuat metode mencatat Cornell, yaitu:

1.Siapkan buku yang akan digunakan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan buku atau kertas catatan yang akan digunakan untuk membuat catatan. Selain menggunakan buku atau notes, kamu juga bisa membuat catatan di gadget. Namun, pastikan bahwa di gadget kamu ada satu halaman kosong yang bisa digunakan untuk mencatat ya.

2. Bagi halaman menjadi tiga bagian

Setelah itu salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan saat membuat metode mencatat Cornell adalah dengan membagi halaman menjadi tiga bagian. Caranya buatlah garis horizontal dengan jarak 5 hingga 6 baris dari bagian bawah kertas. Lalu, buat garis vertikal dengan panjang sekitar 5 cm dari bagian kiri. Garis ini harus memanjang dari garis horizontal di bagian bawah catatan yang telah kamu buat tadi hingga bagian atas kertas. Ada baiknya kamu membuat garis dengan spidol atau pulpen, agar garis terlihat lebih jelas.

 

3. Buat tajuk atau judul materi pelajaran

Kalau kamu sudah membagi halaman menjadi tiga bagian, jangan lupa untuk membuat  tajuk atau judul materi pelajaran. Pada bagian paling atas cantumkan tanggal, nama mata pelajaran, dan materi pelajaran. Memberi tajuk atau judul pada catatan bermanfaat untuk memudahkanmu dalam menemukan informasi spesifik ketika akan belajar menjelang ujian.

4. Tuliskan materi pelajaran

Dua kolom besar di tengah halaman, bisa kamu isi dengan materi pelajaran. Misalnya saja pada kolom kiri tuliskan kata kunci dan istilah-istilah penting yang belum pahami. Pada kolom kanan  tuliskan secara detail informasi detail mengenai kata kunci yang ada di kolom kiri. Selain itu, kamu juga bisa mengisi kolom kanan dengan informasi detail mengenai materi pelajaran. Karena halaman untuk mencatat dalam metode mencatat Cornell relatif kecil, maka usahakan kamu meringkas materi pelajaran ya. Pastikan kamu menulis materi pelajaran dengan kalimat yang seringkas dan sepadat mungkin. Namun, pastikan juga kamu tetap paham dengan materi yang ditulis ya.

5. Tuliskan ide besar dari setiap materi pelajaran

Kolom bagian paling bawah bisa kamu isi dengan kesimpulan materi pelajaran yang telah dipelajari. Pastikan juga materi pelajaran yang akan kamu tulis di bagian bawah adalah materi pelajaran yang kemungkinan besar akan muncul kembali pada kuis dan ujian di masa mendatang. Misalnya saja jika kamu belajar pelajaran sejarah dengan materi pelajaran kemerdekaan Indonesia, maka tuliskan tanggal dan tahun-tahun penting yang menjadi kunci untuk Indonesia hingga akhirnya bisa meraih kemerdekaan.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi kolom paling bawah dengan daftar pertanyaan mengenai materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik. Daftar pertanyaan ini nantinya bisa kamu tanyakan pada kelas berikutnya.

Agar proses belajar menggunakan metode mencatat Cornell bisa terasa lebih maksimal dan kamu bisa memahami materi pelajaran dengan baik, jangan lupa untuk meluangkan waktu minimal 10 menit setiap harinya untuk membaca ulang materi pelajaran yang sudah dicatat ya. Jika ternyata dari metode mencatat Cornell yang telah dibuat ada beberapa bagian yang ingin kamu ubah, jangan ragu untuk memperbaikinya ya. 

Nah, itu tadi beberapa cara membuat metode mencatat Cornell. Pada dasarnya metode mencatat Cornell memang mudah dibuat  dan membuat proses belajarmu terasa lebih menyenangkan ya. Kalau kamu ingin proses belajar terasa semakin menyenangkan, yuk gunakan Pijar Belajar.

Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.

Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.

 

Referensi

https://thinkinsights.net/consulting/cornell-method-great-notes/

https://medium.goodnotes.com/study-with-ease-the-best-way-to-take-notes-2749a3e8297b

https://www.umfk.edu/student-success/academic-support/notes/

 

Artikel Terkait