Lanjut S2 atau Kerja Dulu? Pertimbangkan Dulu 6 Hal Ini

Setelah lulus kuliah kadang kamu akan langsung akan dihadapkan pada dua pilihan, melanjutkan kuliah S2 atau kerja dulu. Nah, biar gak bingung untuk memilih, yuk simak dulu beberapa tips di bawah ini.

Lanjut kuliah S2 memang bisa menimbulkan kebanggaan untuk diri sendiri. Di sisi lain lanjut bekerja juga tampak menyenangkan karena kamu bisa memiliki pendapatan sendiri. Namun, kembali lagi kedua hal tersebut memang memiliki dampak positif dan negatifnya masing-masing.

Sisi negatif kedua pilihan yang pasti akan kamu alami adalah berkurangnya waktu untuk sekedar bersantai dan istirahat, karena kedua pilihan tersebut seolah menuntutmu untuk terus fokus dan mempelajari hal baru, sehingga akan menyita banyak waktu. Di sisi lain, kedua hal tersebut bisa sama-sama membawa dampak positif, yaitu sama-sama meningkatkan kemampuan dan kesempatan untuk mengembangkan karier.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum lanjut S2 atau bekerja

Memilih melanjutkan S2 atau bekerja memang dua hal yang cukup membingungkan. Namun, jangan sampai karena terlalu mengikuti ambisi semata, kamu malah jadi terpaksa melakukan hal yang sebenarnya tidak disukai. Oleh karena itu, dua hal ini harus dipikirkan dengan matang. Biar gak bingung, yuk simak dulu beberapa tips di bawah ini:

1. Apa impian jangka panjang yang ingin kamu capai?

Sebelum lulus kuliah, ada baiknya kamu menuliskan terlebih dahulu rencana hidup minimal 2-3 tahun kedepan. Misalnya kamu ingin membangun bisnis atau memang ingin berkarier di perusahaan hingga menjadi seseorang yang ahli di bidang tertentu.

Dari rencana-rencana tersebut, kamu mulai bisa menentukan kira-kira impian tersebut akan lebih mudah tercapai jika kamu melanjutkan kuliah S2 atau kerja terlebih dahulu. Kamu gak harus selalu membuat rencana yang rinci banget kok, tulis saja hal yang ingin dicapai di selembar kertas dengan catatan yang sangat sederhana.

2. Apa tujuan utama kamu mau melanjutkan S2 atau bekerja?

Hal kedua yang perlu kamu pertimbangkan sebelum lanjut S2 atau bekerja adalah apa motivasi dan tujuan utama kamu melanjutkan S2. Misalnya apakah hanya untuk ‘balas dendam’ kepada orang lain karena pernah diremehkan, ingin meningkatkan karier, atau karena kamu ingin menjadi seorang dosen atau tenaga ahli di bidang tertentu.

Motivasi dan tujuan yang kuat sebelum memutuskan S2 atau bekerja akan membuatmu merasa lebih ringan menjalankannya, meskipun rintangan yang ada didepannya tidaklah mudah.

3. Apakah jurusan yang diambil bisa membuat kariermu semakin meningkat?

Jika kamu memutuskan untuk lanjut S2 ada baiknya kamu memilih jurusan yang bisa membuat kariermu semakin meningkat. Gak mau kan setelah lulus S2 kariermu justru menjadi gak berkembang sama sekali. Beda lagi jika kamu memutuskan ingin menjadi pengajar atau dosen setelah lulus S2. Jika hal ini yang kamu inginkan, maka ada baiknya kamu memilih jurusan S2 yang setara atau linear dengan jurusanmu sewaktu kuliah S1. Hal ini akan sangat memudahkanmu untuk bisa diterima sebagai dosen di universitas.

4. Apakah secara finansial kamu sudah siap untuk melanjutkan kuliah?

Banyaknya tawaran beasiswa S2 yang ada di internet mungkin akan membuatmu semakin yakin untuk melanjutkan S2. Namun, hati-hati jangan tergesa-gesa ingin melanjutkan S2 hanya karena banyak beasiswa dan justru di tengah jalan langkahmu untuk S2 malah tersendat.

Karena walaupun kamu mendapatkan beasiswa penuh untuk S2. Biaya untuk mengerjakan tugas kuliah, menyusun jurnal, dan melakukan penelitian kadang harus kamu tanggung sendiri. Hal ini juga biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika kamu memutuskan mengambil S2 dengan biaya sendiri, maka biaya yang diperlukan akan lebih banyak.

5. Apakah kamu siap untuk mengurangi waktu senggangmu?

Tidak bisa dipungkiri memang selain membutuhkan biaya yang tidak sedikit, saat memutuskan kuliah S2 kamu juga harus siap kehilangan sedikit waktu senggangmu. Karena mau tidak mau kuliah S2 pasti akan sangat menyita waktumu untuk kuliah, mengerjakan tugas, sampai mengerjakan jurnal yang biasanya selalu ada di setiap semester.

Namun, hal ini tidak hanya bisa kamu alami ketika memutuskan untuk lanjut S2 saja ya. Bekerja di kantoran juga pasti akan sangat membuat waktumu tersita banyak, terlebih jika kamu bekerja di bagian yang tenaga kerjanya masih sedikit. Saat bekerja kamu juga harus siap lembur yang kadang membuatmu tidak bisa memiliki libur di hari Sabtu atau Minggu.

Hanya saja kadang, di beberapa momen melanjutkan kuliah S2 lebih banyak menyita waktu dibandingkan bekerja di kantor. Hal ini karena saat kuliah, kamu juga harus siap untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah serta penelitian, terlebih jika kamu sudah memasuki semester akhir.

6. Apakah kamu sudah tahu ingin bekerja di bidang apa?

Jika kamu memutuskan ingin bekerja terlebih dahulu sebelum kuliah, ada baiknya kamu pertimbangkan dengan matang di bidang apa kamu ingin bekerja. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan bidang kerja dengan kemampuan dan minat ya. Karena hal ini bermanfaat untuk membuatmu lebih fokus dan menikmati proses bekerja nantinya.

 

Dunia kerja memang tidak semenakutkan yang dibayangkan, namun bukan berarti dunia kerja juga akan selalu terasa indah. Sama halnya seperti melanjutkan S2 ada banyak suka dan duka yang akan kamu hadapi kedepannya.

Nah, itu tadi beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk mempertimbangkan, sebelum memutuskan untuk melanjutkan bekerja atau S2. Karena kedua pilihan tersebut memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing.

Apapun pilihan yang kamu ambil nantinya, pastikan pilihan yang kamu ambil benar-benar tulus dari hati sendiri, tanpa dipengaruhi oleh siapapun ya. Karena bagaimanapun kamulah yang akan menjalankan pilihan yang telah ditetapkan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap mengikuti berbagai pelatihan guna meningkatkan keahlian di Pijar Mahir, saat kamu sedang mempertimbangkan untuk memilih S2 atau kerja. Karena mengikuti pelatihan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemungkinan kamu mengembangkan karier dengan mudah di masa depan, terlepas apapun keputusan yang akan kamu ambil nantinya. 

 

Artikel Terkait