Agar Tetap Produktif Saat Mengambil Gap Year, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Ini

Kamu sedang berencana mengambil gap year setelah lulus SMA? Kalau iya, agar gap year yang kamu ambil tetap bermanfaat, yuk simak tips mengisi waktu saat mengambil gap year di bawah ini.

Gap year atau tahun jeda adalah suatu periode waktu (biasanya satu tahun) yang diambil untuk sekedar istirahat atau melakukan kegiatan lain sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Hal ini biasanya dilakukan karena berbagai alasan, darimulai karena ingin istirahat, ingin mengikuti kegiatan sosial untuk menjadi relawan, gagal tes masuk perguruan tinggi dan akan mencoba lagi tahun berikutnya, ataupun karena adanya keterbatasan biaya. Apapun alasannya, pada dasarnya gap year bukanlah hal yang buruk. Karena setiap orang biasanya telah melakukan pertimbangan yang sangat matang sebelum akhirnya mengambil gap year.

Tips mengisi waktu saat gap year

Saat mengambil gap year bukan berarti kamu bisa selalu bersantai dan tidak melakukan hal apapun, sebaliknya alangkah baiknya jika kamu mengisi gap year dengan melakukan beberapa kegiatan agar tetap produktif.  Hal ini bermanfaat untuk memudahkanmu mengikuti proses perkuliahan dan beradaptasi dengan dunia kerja nantinya. Beberapa pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi gap year, yaitu:

1. Buat daftar impian yang ingin dicapai

Gap year memang saat yang paling tepat untuk melakukan refleksi diri dan menentukan impian yang benar-benar ingin dicapai. Misalnya kamu ingin kuliah hingga S2, membangun bisnis, atau kerja di suatu bidang hingga akhirnya mendapatkan jabatan yang sangat tinggi, Dari daftar impian tersebut, kamu mulai bisa menentukan langkah apa yang bisa dilakukan selama gap year yang bisa bermanfaat untuk memudahkanmu meraih impian. Misalnya saja jika setelah lulus kuliah kamu ingin membangun bisnis, maka selama gap year kamu bisa mulai menyusun rencana bisnis apa yang ingin dibangun, siapa orang yang kira-kira yang ingin di ajak kerjasama, dan berapa perkiraan biayanya. Kamu gak harus selalu membuat rencana yang rinci banget kok, tulis saja hal yang ingin dicapai di selembar kertas dengan catatan yang sangat sederhana.

2. Belajar bahasa asing

Kalau kamu sangat senang belajar bahasa asing, selama gap year tidak ada salahnya jika kamu menggunakan waktu untuk semakin memperdalam bahasa asing. Karena belajar bahasa asing sangat bermanfaat untuk memudahkanmu menjalani proses perkuliahan nantinya. Hal ini karena saat ini banyak buku pelajaran kuliah yang tersedia dalam bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Selain itu, menguasai bahasa asing juga akan menjadi nilai plus untuk diri sendiri ketika akan memasuki dunia kerja nantinya, sehingga meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan jabatan yang cukup tinggi ketika akan kerja untuk pertama kalinya.

3. Kerja paruh waktu atau magang

Tidak bisa dipungkiri memang kerja paruh waktu atau magang memang merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan. Karena kerja paruh waktu atau magang bermanfaat untuk membuatmu tetap produktif melakukan kegiatan, sambil tetap menghasilkan uang yang bisa kamu gunakan untuk kuliah. Saat magang atau kerja paruh waktu, kamu juga secara tidak langsung akan beradaptasi dengan dunia kerja. Jadi, kamu tidak bingung atau susah beradaptasi lagi ketika nantinya akan kerja sebagai karyawan full time.

4. Ikut berbagai pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang

Saat ini ada berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kemampuan yang bisa kamu ikuti. Mengikuti berbagai pelatihan sangat bermanfaat untuk menambah nilai plus untuk dirimu sendiri, sehingga meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan posisi kerja yang cukup tinggi. Kamu juga bisa memilih pelatihan pada bidang yang sudah pernah kamu tekuni sebelumnya atau bidang yang benar-benar baru dan belum pernah ditekuni sebelumnya. Apapun pelatihan yang kamu ambil, pastikan kamu menyukai pelatihan tersebut ya. Karena hal ini bermanfaat untuk membuatmu bisa memahami materi pelatihan dengan sangat baik. Untuk mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan minat, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan yang disediakan Pijar Mahir.

5. Ikut kegiatan sosial untuk menjadi relawan

Kamu ingin memperluas jaringan pertemanan sekaligus melakukan kegiatan yang produktif? Kalau iya, yuk ikut kegiatan kegiatan sosial. Karena saat mengikuti kegiatan sosial, maka kamu berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang bidang, darimulai siswa, mahasiswa, hingga tenaga kerja profesional yang ahli di suatu bidang. Tidak menutup kemungkinan juga jaringan pertemanan yang kamu dapatkan saat mengikuti kegiatan sosial bisa bermanfaat untuk memudahkanmu mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah.

6. Berkumpul dengan teman yang juga sedang mengambil gap year

Bagi beberapa  orang, gap year bisa membuat diri sendiri merasa khawatir dan stres, terlebih jika gap year yang dijalankan memang dilakukan karena terpaksa, misalnya karena adanya keterbatasan biaya atau karena gagal masuk tes perguruan tinggi. Untuk mencegah kamu merasa stres saat menjalani gap year, gak ada salahnya jika kamu berkumpul dengan teman-teman lain yang juga sedang menjalankan gap year. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membuatmu tetap semangat dalam menjalani gap year

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengisi waktu selama gap year. Karena gap year biasanya dilakukan untuk mengambil jeda sebelum masuk perguruan tinggi, jangan lupa untuk terus belajar dengan giat ya. Kalau kamu ingin proses belajar terasa lebih menyenangkan, yuk gunakan Pijar Belajar.

Pijar Belajar adalah Aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik. Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.

 

Referensi

https://time.com/nextadvisor/in-the-news/gap-year-coronavirus/

https://www.businessnewsdaily.com/10236-productive-gap-year.html

https://earlyearner.com/productivity/10-productive-things-to-do-in-a-gap-year/ 

 

Artikel Terkait