8 Tips Mendapatkan Beasiswa S2

Kamu ingin mendapatkan beasiswa S2 dengan cara yang relatif tidak sulit? Kalau iya, yuk simak tips mendapatkan beasiswa S2 di bawah ini.

Saat ini kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S2 memang terbuka sangat luas. Karena ada banyak lembaga dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan beasiswa S2 secara cuma-cuma. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri juga jika persaingan untuk mendapatkan beasiswa tergolong ketat. Hal ini karena saat  ini ada ribuan orang yang berminat dan ingin bersaing untuk mendapatkan beasiswa S2 setiap tahunnya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan beasiswa S2, kamu harus bisa mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. 

Tips mendapatkan beasiswa S2

Pada dasarnya mendapatkan beasiswa S2 tidak sesulit yang dibayangkan kok. Oleh karena itu, yuk simak tips mendapatkan beasiswa S2 di bawah ini:

1. Belajar TOEFL dan IELTS dengan sebaik mungkin

TOEFL atau IELTS merupakan dua tes uji kemampuan berbahasa Inggris yang hampir selalu ada di semua persyaratan mendapatkan beasiswa S2, termasuk jika kamu ingin mendapatkan beasiswa di dalam negeri sekalipun. Karena proses perkuliahan S2 di dalam negeri biasanya menggunakan kata pengantar bahasa Inggris untuk beberapa mata kuliah atau minimal buku-buku pelajaran S2 umumnya menggunakan bahasa Inggris.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menguasai bahasa Inggris dengan sebaik mungkin. Caranya dengan terus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam berbagai aspek setiap harinya, dalam mulai kemampuan mendengar, berbicara, membaca, menulis, dan kemampuan menyusun kalimat dengan baik.

Setelah kamu melatih kemampuan berbahasa Inggris, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengambil tes TOEFL atau IELTS. Nilai TOEFL minimum untuk mendapatkan beasiswa di dalam negeri biasanya 500 dan di luar negeri 550. Sedangkan tes IELTS biasanya hanya digunakan untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri dengan minimal nilai 6,5.

2. Pilih jurusan yang masih satu bidang dengan jurusan kuliah S1

Untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan beasiswa S2, tidak ada salahnya jika kamu memilih jurusan yang masih satu bidang dengan jurusan kuliah S1.  Misalnya saja jika kamu kuliah jurusan sastra, maka tidak ada salahnya jika kamu mengambil jurusan kuliah linguistik terapan atau kajian tradisi lisan. Karena pada tahap interview untuk mendapatkan beasiswa, kamu biasanya akan diberikan pertanyaan tentang bidang kuliah yang akan kamu ambil. Ketika kamu memilih jurusan S2 yang satu bidang dengan jurusan S1, kamu bisa relatif dengan mudah menjawab pertanyaan yang diberikan.

3. Riset atau cari tahu lebih jauh mengenai berbagai jurusan kuliah

Hal lain yang wajib banget kamu lakukan adalah mencari tahu lebih jauh mengenai berbagai jurusan kuliah yang kamu minati. Saat melakukan riset mengenai jurusan kuliah, beberapa hal yang perlu kamu cari tahu adalah mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari, serta nilai minimal untuk bisa masuk ke jurusan tersebut atau yang biasa dikenal dengan istilah passing grade.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melihat syarat-syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan jurusan kuliah, misalnya harus membuat penelitian ilmiah terbaru atau mencantumkan penelitian yang pernah dikerjakan selama kuliah S1. Karena setiap jurusan biasanya memiliki syarat masuk yang berbeda-beda.

4. Cari tahu lembaga penyedia beasiswa

Seperti yang telah disebutkan di atas, saat ini ada banyak lembaga yang menawarkan beasiswa S2. Oleh karena itu, kamu harus bisa mencari tahu dengan sangat cermat, lembaga mana yang kamu inginkan. Karena setiap lembaga biasanya memberikan persyaratan yang berbeda-beda.

5. Buat esai dengan sebaik mungkin

Untuk membuat esai yang baik kamu harus bisa jujur apa adanya tentang diri sendiri, jangan sampai kamu memasukkan informasi yang tidak sesuai dengan diri kamu sendiri. Karena jika ketahuan berbohong mengenai informasi yang ditulis di esai, kamu bisa langsung ditolak untuk mendapatkan beasiswa. Selain itu, jangan lupa juga untuk membuat esai dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Setelah kamu selesai membuat esai, minta orang-orang terdekat untuk membacanya dan memberikan saran atau komentar mengenai esai yang kamu buat. Jika ternyata esai yang kamu dinilai masih sulit dimengerti dan masih banyak susunan kata yang tidak sesuai, segera perbaiki esai yang kamu buat. Beberapa esai yang biasanya menjadi persyaratan mendapatkan beasiswa S2 adalah surat motivasi, alasan memilih jurusan, hal yang ingin dilakukan selama kuliah, dan kontribusi apa yang ingin diberikan setelah lulus.

6. Perbanyak melakukan kegiatan sosial atau komunitas

Agar bisa terlihat lebih menonjol dibandingkan pelamar beasiswa yang lain, hal yang wajib kamu lakukan adalah dengan mengikuti banyak kegiatan di luar kuliah, khususnya kegiatan sosial. Karena mengikuti banyak kegiatan di luar kuliah bisa menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang mudah bergaul dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Hal ini biasanya menjadi salah satu syarat mendapatkan beasiswa.

Jika saat ini kamu sudah bekerja dan selama masa kuliah tidak memiliki banyak pengalaman kegiatan di luar kuliah, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengikuti komunitas atau kegiatan sosial.

7. Diskusi dengan orang yang berpengalaman

Diskusi dengan orang yang berpengalaman dan sudah pernah mendapatkan beasiswa S2 juga akan sangat memudahkanmu untuk menyiapkan persyaratan mendapatkan beasiswa dengan lebih baik, sehingga kemungkinan mendapatkan beasiswa juga semakin besar. Beberapa hal yang bisa kamu diskusikan adalah tips menyiapkan persyaratan mengajukan beasiswa S2, apakah kira-kira jurusan kuliah yang kamu minati sudah tepat, tempat kuliah mana yang memiliki jurusan tersebut, dan bagaimana kira-kira prospek kerjanya.

Saat berdiskusi dengan orang yang pernah mendapatkan beasiswa, kamu juga bisa menanyakan semua hal yang sekiranya membuatmu masih bingung atau ragu dalam memilih jurusan kuliah.

 

8. Siapkan surat rekomendasi 

Surat rekomendasi juga merupakan salah satu persyaratan mendapatkan beasiswa yang harus disiapkan dengan sangat baik. Surat rekomendasi ini biasanya bisa kamu dapatkan dari dosen semasa kuliah ataupun atasan di tempat kerja. Untuk meningkatkan kemungkinan diterima beasiswa semakin besar, ada baiknya kamu menyiapkan dua surat rekomendasi.

Mendapatkan beasiswa S2 memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mulai menerapkan beberapa tips mendapatkan beasiswa S2 seperti di atas. 

Referensi

https://www.topuniversities.com/student-info/scholarship-advice/how-get-full-scholarship

https://www.accessmasterstour.com/articles/view/how-to-win-scholarships-for-your-masters-studies


 

Artikel Terkait