8 Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Kamu baru lulus dari jurusan Hubungan Internasional dan lagi bingung mencari pekerjaan yang cocok? Udah gak usah bingung karena ada beberapa prospek lulusan Hubungan Internasional yang bisa kamu pilih. Yuk cari tahu informasinya di bawah ini.

Saat kuliah. mahasiswa Hubungan Internasional umumnya tidak hanya belajar tentang ilmu dasar tentang ilmu dasar Hubungan Internasional saja, tetapi juga sejarah, bahasa, dan juga ilmu komunikasi.  Hal inilah yang membuat sarjana Hubungan Internasional memiliki prospek kerja yang sangat luas.

Ragam prospek kerja lulusan Hubungan Internasional

Prospek kerja lulusan Hubungan Internasional memang sangat banyak dan luas. Beberapa pilihan kerja lulusan Hubungan Internasional yang bisa tekuni, yaitu:

1. Diplomat

Sampai saat ini diplomat masih menjadi salah satu profesi yang banyak diimpikan oleh semua orang. Untuk kamu yang kuliah jurusan Hubungan Internasional, kesempatan untuk menjalani profesi yang satu ini terbuka lebar. Karena lulusan Hubungan Internasional bisa dengan mudah mempraktekkan semua ilmu yang dipelajari selama kuliah, seperti dasar Hubungan Internasional, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi.

Tugas utama seorang diplomat adalah mewakili suatu negara untuk melakukan diplomasi atau mewakili negara dalam suatu pertemuan. Seorang diplomat harus memiliki kemampuan bernegosiasi yang baik.

2. Spesialis hubungan masyarakat

Spesialis hubungan masyarakat yang juga disebut spesialis media atau spesialis komunikasi berperan untuk mempertahankan citra publik yang baik dari suatu organisasi. Tugas spesialis hubungan masyarakat adalah membantu perusahaan berkomunikasi secara efektif dengan publik.

Selain itu, seorang spesialis hubungan masyarakat juga berperan untuk membuat siaran pers, menulis pidato, dan meninjau komunikasi dalam suatu organisasi untuk memastikan semua pesan mematuhi pedoman perusahaan. Dalam peran politik dan pemerintahan, spesialis hubungan masyarakat berkesempatan memiliki jabatan sekretaris pers. Saat menjadi spesialis hubungan masyarakat lulusan Hubungan Internasional biasanya hanya perlu memperdalam ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah.

3. Konsultan politik

Tidak bisa dipungkiri memang konsultan politik merupakan salah satu profesi yang paling menjanjikan untuk lulusan Hubungan Internasional. Hal ini karena selain bisa memperdalam ilmu yang sudah didapatkan semasa kuliah, lulusan Hubungan Internasional juga bisa memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Saat ini  lingkup kerja konsultan politik juga sangat luas.  Seorang konsultan politik bisa bekerja di bidang bisnis, organisasi atau pelobi untuk mengadvokasi perubahan legislatif.

 

Tugas utama seorang konsultan politik adalah mendukung citra publik politisi dan pejabat pemerintah. Konsultan politik akan berperan sebagai spesialis hubungan masyarakat dan tenaga penjualan saat mempromosikan klien dengan menggunakan metode seperti iklan dan siaran pers untuk mendukung kandidat atau kampanye klien.  Selain itu, seorang konsultan politik secara strategis juga berperan untuk memandu kebijakan, komunikasi, dan penampilan publik.

4. Koordinator lembaga swadaya masyarakat

Kamu senang melakukan kegiatan sosial dan ingin bekerja di lembaga swadaya masyarakat? Kalau iya, jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi koordinator lembaga swadaya masyarakat. Karena lulusan Hubungan Internasional bisa menunjukkan pemahaman tentang budaya yang terkait dengan misi organisasi untuk meningkatkan hubungan dengan klien internasional.

Koordinator program lembaga swadaya masyarakat juga bekerja dengan direktur program lain untuk merencanakan dan mengoordinasikan program demi tercapainya visi dan misi lembaga. Tanggung jawab seorang koordinator lembaga swadaya masyarakat  adalah menyusun rencana penggalangan dana, penganggaran, penjangkauan masyarakat serta memberikan dukungan teknis.

 

5. Ekonom

Ekonom berperan untuk memprediksi tren di dunia bisnis yang tidak terduga dan mengartikulasikan serta mengadvokasi kebijakan ekonomi terbaru organisasi jika diperlukan. Menariknya saat ini profesi ekonom bisa ditekuni oleh lulusan Hubungan Internasional. Hal ini karena seorang ekonom harus memiliki kemampuan tentang bisnis di seluruh dunia dan tren keuangan serta ekonomi global. Pengetahuan ini biasanya merupakan salah satu hal yang dipelajari oleh mahasiswa Hubungan Internasional.

6. Ahli Bahasa

Siapa bilang profesi ahli bahasa hanya bisa ditekuni oleh lulusan sastra saja? Faktanya saat ini kesempatan untuk ahli bahasa juga terbuka luas untuk lulusan hubungan internasional lho. Hal ini karena lulusan Hubungan Internasional bisa berperan untuk menerjemahkan konten tertulis dan dialog lisan melalui interpretasi dan transkripsi.

Seorang ahli bahasa biasanya fasih dalam berbagai bahasa sehingga dapat secara efektif mampu mengomunikasikan makna dasar dari konten tertentu dari satu bahasa ke bahasa lain sambil mempertimbangkan nuansa, gaul dan bahasa kiasan.

Seorang ahli bahasa biasanya juga memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang canggih. Ruang lingkup kerja seorang ahli bahasa juga luas banget, karena seorang ahli bahasa bisa bekerja di bidang kedokteran, pendidikan, atau hukum.

7. Penerjemah

Saat ini profesi penerjemah juga bisa dengan mudah dijalankan oleh seorang lulusan Hubungan Internasional. Karena saat kuliah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional biasanya akan belajar bahasa asing dan cara menggunakannya dengan baik, khususnya bahasa Inggris. Jadi, saat menjalani profesi ini kamu juga tidak perlu belajar banyak baru lagi. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memperdalam kembali ilmu yang telah dipelajari selama ini.

8. Interpreter

Meskipun sekilas terlihat sama, pada dasarnya penerjemah dan interpreter merupakan dua profesi yang berbeda. Karena tugas utama seorang penerjemah adalah menerjemahkan teks dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, sedangkan tugas utama seorang interpreter adalah menerjemahkan perkataan seseorang dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia secara langsung.

Jadi, seorang interpreter harus memiliki kemampuan menerjemahkan tutur kata secara cepat dan tepat. Seorang interpreter biasanya dapat bekerja untuk banyak organisasi, termasuk sekolah, kantor pemerintahan, bisnis swasta, dan rumah sakit. Selain itu, menariknya lagi interpreter juga bisa dijadikan pekerjaan sampingan atau freelance.

Nah itu tadi beberapa prospek kerja lulusan Hubungan Internasional yang bisa kamu tekuni. Apapun profesi yang kamu tekuni, pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kemampuan ya. Pastikan juga kamu memilih profesi yang disukai. Karena hal ini akan membuatmu senantiasa senang dan tidak mudah menyerah dalam menjalani profesi yang ditekuni, walaupun sebesar apapun tantangan yang akan dihadapi kedepannya. 

Referensi

https://miuc.org/study-international-relations-careers/

https://www.uowdubai.ac.ae/blog/career-prospects-international-relations

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-can-i-do-with-degree-in-international-relations

Artikel Terkait