8 Cara Meningkatkan Kerjasama Tim yang Baik

Tahukah kamu kerjasama tim yang kuat bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan suatu perusahaan lho. Untuk itu, yuk cari tahu cara meningkatkan kerjasama tim yang baik di bawah ini.

Meningkatkan kerjasama tim yang baik mungkin menjadi hal yang sering terlupakan oleh para karyawan. Padahal kadang tanpa disadari kerjasama tim yang baik dan kompak justru bisa meningkatkan performa kerja lho, khususnya untuk fresh graduate yang baru pertama kali kerja. Selain itu, meningkatkan kerjasama tim yang kuat juga memiliki manfaat lain, yaitu menghindari stres, memunculkan lahirnya ide-ide kreatif, dan memudahkan tim untuk menyelesaikan suatu masalah.

Ragam cara meningkatkan kerjasama tim

Cara meningkatkan kerjasama tim disini tidak hanya bisa dilakukan jika kamu memiliki jabatan yang tinggi ya, tapi juga untuk kamu yang masih tergolong karyawan baru atau berada di entry level. Beberapa cara membangun kerjasama tim yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Tentukan tujuan bersama

Setelah tim terbentuk dan bersatu, tentukan tujuan bersama yang ingin dicapai. Langkah selanjutnya adalah memecah visi menjadi tujuan dan tugas yang lebih kecil serta dapat dikelola. Tentukan garis besar tugas, durasi mengerjakan tugas, dan tanggung jawab yang harus dipegang setiap anggota. Jangan lupa juga untuk menentukan peran yang akan dimainkan setiap anggota tim. Selain itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan sumber daya lain yang diperlukan seperti waktu, ruang, dukungan, dan uang.

2. Kenali karakter setiap anggota 

Ada pepatah yang berbunyi “Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah tersebut bisa kamu terapkan dalam meningkatkan kerjasama tim lho. Karena dengan mengenal karakter setiap anggota, maka akan sangat memudahkan untuk berkomunikasi dan mencapai tujuan yang sama sehingga target kerja yang sudah ditentukan bisa dicapai dengan mudah.

3. Rajin komunikasi dan mengobrol dengan rekan satu tim

Komunikasi merupakan salah satu kunci utama yang harus dipegang oleh semua karyawan. Karena komunikasi yang teratur dan berjalan dengan baik akan membuat setiap anggota menjadi lebih nyaman, serta tidak ragu untuk mengemukakan pendapat.

Selain itu, komunikasi yang lancar juga akan membuat suatu masalah yang dihadapi  tim bisa cepat teratasi. Komunikasi yang dimaksud disini juga bukan hanya komunikasi yang berhubungan dengan pekerjaan saja ya. Tapi juga komunikasi dalam bentuk informal, seperti membicarakan berita terbaru, film atau drama yang bagus, ataupun jajanan yang sedang banyak diminati. 

4. Lakukan aktivitas di luar kantor bersama

Poin yang satu ini masih memiliki kaitan dengan poin sebelumnya. Setelah memiliki hubungan komunikasi yang kuat antar satu dengan anggota tim yang lain. Maka tidak ada salahnya lho jika kamu membuat jadwal rutin untuk melakukan aktivitas seru di luar kantor. Misalnya sekedar nonton film, olahraga, ataupun berkumpul di satu rumah rekan kerja untuk masak-masak.

Di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, pemerintah memang menyarankan masyarakatnya untuk lebih banyak beraktivitas di rumah. Namun, jangan khawatir karena kamu tetap bisa menghabiskan waktu bersama dengan rekan kerja kok. Misalnya dengan nonton film bersama melalui Zoom atau sekedar bermain game online. 

 5. Tentukan aturan dalam tim 

Ketika mendengar kata “aturan” hal pertama yang terlintas di pikiran kamu adalah sekumpulan kewajiban atau aturan kaku yang harus dipenuhi semua anggotanya? Eitts tenang dulu, aturan yang dimaksud disini bukan aturan yang kaku seperti itu kok. Melainkan aturan yang mudah dilakukan dan pastinya tetap menyenangkan untuk dilakukan, tapi tetap bisa membuat suatu tim semakin kompak. 

Beberapa contoh aturan yang bisa ditetapkan bersama anggota tim, yaitu:

  • Saat berkumpul tidak boleh ada sibuk dengan gadget

  • Tidak mengganggu privasi anggota satu tim satu sama lain

  • Setiap anggota diharapkan saling mengeluarkan saran atau pendapat untuk kemajuan tim.

  • Jangan ragu untuk mengemukakan keluh kesah saat rapat

Agar lebih menarik kamu bisa menentukan aturan ini bersama semua anggota tim, sehingga anggota tim bisa menyepakatinya bersama dan berjanji untuk mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

 

6. Adakan evaluasi setiap satu atau dua minggu sekali 

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan mengadakan evaluasi kerja setiap satu atau dua minggu sekali. Dalam agenda rutin ini, selain mengevaluasi pekerjaan satu tim, setiap anggota tim juga bisa memberikan saran mengenai cara agar tim kerja bisa semakin kompak ke depannya. Selain itu, setiap anggota juga diperbolehkan untuk mengeluarkan keluh kesahnya dan kemudian dicari solusinya bersama. Momen evaluasi ini juga bisa menjadi saat yang paling tepat untuk kamu menyampaikan tambahan pekerjaan yang mungkin ingin diberikan.

7. Bikin suasana kerja yang senyaman mungkin

Kunci utama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kerjasama tim adalah membuat suasana kerja yang senyaman mungkin. Kadang cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan kebebasan berpendapat untuk setiap tim dan berikan kesempatan anggota tim untuk belajar banyak hal.

 

8. Hargai privasi setiap anggota tim

Sedekat-dekatnya kamu dengan rekan kerja, jangan lupa untuk tetap menghargai privasi satu sama lain. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak bertanya kenapa dan apa yang dilakukan rekan kerja saat cuti. Karena cuti merupakan hak setiap karyawan. Tidak hanya memberikan manfaat untuk diri sendiri, meningkatkan kerjasama tim juga bermanfaat untuk membawa perusahaan agar bisa lebih berkembang kedepannya. Untuk itu jangan lupa untuk menerapkan cara meningkatkan Kerjasama tim seperti di atas ya.

Selain itu, kalau kamu ingin mengelola sumber daya manusia (SDM) perusahaan dengan lebih baik, jangan ragu untuk menggunakan pijar corpu

Artikel Terkait