6 Strategi Rekrutmen untuk Mendapatkan Kandidat Bertalenta

Kamu sering bingung mencari cara untuk mendapatkan kandidat karyawan yang bertalenta dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan? Udah gak usah bingung. Karena di bawah ini ada strategi rekrutmen yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan kandidat yang tepat, bertalenta, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Strategi rekrutmen adalah rencana yang dilakukan perusahaan untuk melakukan proses rekrutmen. Hal ini  meliputi posisi apa yang perusahaan butuhkan, kapan waktu rekrutmen yang tepat, dan bagaimana proses rekrutmen yang tepat. Strategi rekrutmen harus sejalan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Pada dasarnya strategi rekrutmen yang baik bermanfaat untuk membuat perusahaan bisa mendapatkan kandidat karyawan yang tepat, bertalenta, memiliki kemampuan mumpuni, dan cocok untuk bekerja di perusahaan.

Ragam strategi rekrutmen yang patut di coba

Saat ini ada banyak pilihan strategi rekrutmen yang tersedia. Namun, beberapa strategi rekrutmen yang biasanya banyak digunakan, yaitu:

1.  Bangun employer branding

Salah satu strategi rekrutmen yang perlu kamu lakukan adalah membangun employer branding. Employer branding adalah proses mengelola reputasi perusahaan sebagai pemberi kerja di antara pencari kerja, karyawan, dan pemangku kebijakan penting di perusahaan. Hal ini akan membedakan kamu dari perusahaan perekrutan lain dan membuat kandidat karyawan tertarik untuk bekerja di perusahaan kamu. Employer branding harus mencerminkan misi, budaya, dan nilai bisnis perusahaan.

Untuk membuat employer branding yang baik ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

·         Mengapa seseorang ingin bekerja untuk perusahaan?

·         Apakah perusahaan kamu mendukung tenaga kerja untuk bisa terus mengembangkan karier?

·         Berapa persentase karyawan yang saat ini akan merekomendasikan perusahaan kamu sebagai tempat kerja yang bagus?

Setelah itu mulailah untuk membangun employer branding dan cantumkan employer branding di halaman website, media sosial, dan channel atau saluran apapun yang kamu gunakan untuk memberikan informasi tentang proses rekrutmen.

2. Tulis deskripsi pekerjaan yang menarik

Menulis deskripsi pekerjaan yang menarik perhatian adalah salah satu bagian terpenting dari strategi rekrutmen. Beberapa tips membuat deskripsi pekerjaan yang menarik, yaitu:

·         Buat deskripsi jabatan sejelas mungkin

Semakin jelas deskripsi jabatan yang kamu buat, maka hal ini bisa semakin menarik perhatian kandidat berkualitas.

·         Tuliskan deskripsi budaya kerja di perusahaan

Saat ini budaya perusahaan yang menyenangkan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kandidat bertalenta, khususnya untuk kandidat yang berasal dari kaum milenial. Oleh karena itu, kamu harus bisa menuliskan budaya pekerjaan yang menarik dan beda dari yang lain. Misalnya saja, karyawan di bebaskan untuk masuk kerja maksimal pukul 09.10 atau karyawan bebas menentukan posisi duduk di kantor, selagi pekerjaan yang dilakukan bisa selesai tepat waktu.

3. Gunakan media sosial

Jika kamu ingin mencari kandidat karyawan terbaik yang berasal dari generasi milenial, tidak ada salahnya jika menggunakan media sosial. Karena saat ini ada banyak talenta berkualitas yang aktif di media sosial. Untuk menarik perhatian kandidat karyawan bertalenta dari media sosial ada baiknya kamu membuat satu akun khusus media sosial yang berisi mengenai lowongan pekerjaan yang sedang dibuka dan bagaimana proses rekrutmennya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memasukkan sekilas info mengenai budaya kerja perusahaan ya. Karena hal ini akan semakin menarik perhatian kandidat berkualitas. Strategi rekrutmen ini juga sudah diterapkan oleh beberapa perusahaan besar, seperti   Uber, Apple, dan Zappos.

 

4.Temukan kandidat pasif

Kandidat pasif adalah karyawan yang saat ini bekerja dan tidak aktif mencari pekerjaan. Karyawan ini biasanya paling memenuhi syarat dan sempurna untuk lowongan pekerjaan yang kamu cari. Hal ini karena kandidat pasif biasanya memiliki kemampuan yang sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk mendapatkan kandidat pasif, kamu bisa menjangkaunya secara pribadi, melalui media sosial profesional seperti Linkedin. Karena hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik dengan bakat kandidat. Selain itu, calon kandidat biasanya juga akan langsung tertarik dengan tawaran yang kamu berikan.

5. Gunakan jasa perekrut eksekutif atau headhunter

Kamu sudah memiliki gambaran calon karyawan ideal dari kantor saingan yang sekiranya cocok menjadi karyawan di kantor kamu saat ini? Kalau iya, kamu bisa menggunakan jasa perekrut pencarian eksekutif atau headhunter. Karena headhunter biasanya akan dengan senang hati menawarkan pekerjaan kepada calon karyawan dari kantor lain yang sedang tidak aktif mencari pekerjaan. Hal ini juga tentunya akan sangat bermanfaat untuk menghemat waktumu dan memudahkanmu mendapatkan karyawan ideal tanpa usaha yang berarti.

 

6. Perlakukan kandidat dengan baik

Strategi rekrutmen lain yang bisa kamu terapkan adalah memperlakukan kandidat dengan baik. Baik proses rekrutmen yang dilakukan melalui telepon, video call, atau wawancara langsung. Karena kesan pertama kandidat terhadap perusahaan sangat penting. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperlakukan kandidat dengan baik, yaitu:  

·         Hormati waktu yang kandidat miliki

Baik melalui telepon, video call, atau wawancara langsung selalu pastikan untuk datang tepat waktu. Jika kamu datang akan terlambat, beri tahu kandidat karyawan secepat mungkin.

·         Ramah

Ketika seorang kandidat tiba untuk wawancara di tempat, tanyakan apakah mereka ingin minum dan tunjukkan lokasi toilet. Buat kandidat merasa diterima dan nyaman.

·         Berikan kesan yang bersahabat

Berikan kandidat potensial nomor kontak kamu, sehingga mereka dapat bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahami dan dan masalah selama proses perekrutan.

Nah, itu tadi beberapa pilihan strategi rekrutmen yang bisa kamu terapkan untuk bisa mendapatkan kandidat karyawan yang bertalenta dan cocok bekerja di perusahaan. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk membantumu mengelola manajemen perusahaan.

Untuk semakin memudahkanmu untuk mengelola manajemen perusahaan, yuk gunakan Pijar Corpu.

 

Pijar CorpU adalah sebuah platform disiapkan untuk menjadi strategic engine yang dapat mengintegrasikan tujuan organisasi, performansi organisasi dan orang-orang yang berada dalam ekosistem Organisasi yang didukung sistem pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management) dan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Learning Management).

 

Dalam rangka mencapai objektif perusahaan, setiap bidang bertanggung jawab untuk melakukan peningkatan kapabilitas fungsi masing-masing baik bagi individu, proses hingga teknologi dan menciptakan awareness di lingkungan Organisasi.

Produk yang akan dikembangkan oleh Pijar CorpU berdasarkan pengalaman implementasi pada beragam Corporate University dengan beragam bisnis proses untuk membantu perusahaan mendapatkan solusi yang terbaik untuk penyelesaian masalah dan pemenuhan kebutuhan yang ada di internal dan eksternal perusahaan, baik dalam skala regional, nasional maupun internasional.

Saat ini Pijar Corpu telah dipercaya menjadi partner talent management system berbagai korporasi besar di Indonesia.

Referensi

https://builtin.com/employer-branding

https://builtin.com/recruiting/recruitment-strategies

https://www.indeed.com/perusahaan/c/info/10-recruiting-strategies-for-hiring-great-employees

https://technologyadvice.com/blog/human-resources/recruitment-strategy/

 

Artikel Terkait