5 Gaya Belajar Siswa dan Cara Memaksimalkannya

Tahukah kamu menentukan gaya belajar yang tepat ternyata bisa meningkatkan kemampuan belajar lho. Kalau kamu belum mengetahui gaya belajar yang tepat, yuk cari tahu informasinya di bawah ini. Siapa tahu salah satu gaya belajar di bawah ini cocok banget kamu terapkan setiap hari.

Pada dasarnya mengetahui gaya belajar yang tepat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memudahkan untuk memahami materi pelajaran, meningkatkan semangat belajar, dan meningkatkan produktivitas belajar.

Oleh karena itu kamu wajib banget tahu beberapa gaya belajar yang tepat. Gaya belajar yang tepat juga wajib banget diterapkan untuk kamu  yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), terlebih siswa-siswi yang berada di tingkat akhir jenjang pendidikan, misalnya kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA. Karena hal ini akan sangat memudahkanmu untuk memahami banyaknya materi pelajaran.

Pilihan gaya belajar yang bisa kamu lakukan

Gaya belajar memang harus ditentukan sendiri oleh seorang siswa. Karena setiap siswa memiliki gaya belajarnya masing-masing. Namun, informasi mengenai gaya belajar di bawah ini juga bisa bermanfaat untuk orang tua dan guru guna mendukung dan memfasilitasi proses belajar.

Biasanya gaya belajar juga bisa dilihat dari karakter siswa. Misalnya jika karakter siswanya sangat aktif dan senang bergerak, maka kemungkinan gaya belajar yang tepat adalah gaya belajar kinestetik.

Beberapa pilihan gaya belajar yang bisa kamu praktikkan yaitu:

1. Gaya belajar visual

Kalau kamu lebih mudah memahami materi belajar yang memiliki gambar, video, diagram, atau infografis bisa jadi gaya belajarmu adalah visual. Selain itu, ciri-ciri lain dari gaya belajar visual adalah suka menggambar dan tidak mudah terdistraksi oleh suara yang ramai. Salah satu cara paling efektif untuk mendukung gaya belajar visual adalah dengan banyak belajar dari video interaktif, misalnya video interaktif yang disediakan oleh Pijar Sekolah.

Belajar melalui video interaktif ini akan sangat memudahkanmu untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa mengerjakan soal sambil bermain game. Namun hal ini hanya cocok dipraktikkan saat kamu sedang berada di rumah ya. Saat berada di sekolah, kamu bisa mempraktikkan gaya belajar visual dengan menggambar di selembar kertas tentang materi yang sedang diajarkan guru. Hal ini tentunya akan sangat membantumu untuk memahami materi dengan lebih baik.

2. Gaya belajar auditori

Sesuai namanya gaya belajar auditori adalah gaya belajar ketika kamu lebih mudah memahami materi yang diberikan secara lisan. Siswa yang memiliki gaya belajar auditori biasanya sering membaca sambil diucapkan dengan keras dan tidak ragu untuk menyampaikan materi yang dipahami di kelas. Siswa dengan gaya belajar auditori biasanya akan memiliki kesulitan memahami materi yang tertulis di buku pelajaran dan biasanya akan meminta guru mengulang materi yang diberikan.

Untuk kamu yang memiliki gaya belajar auditori tidak ada salahnya juga jika mulai belajar melalui video interaktif. Hal ini juga akan sangat memudahkanmu untuk memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Selain itu, kamu yang memiliki gaya belajar auditori biasanya akan lebih cocok belajar dengan kerja kelompok atau sambil mendengarkan materi pelajaran melalui podcast. Seorang siswa yang memiliki gaya belajar auditori juga biasanya akan lebih mudah memahami materi sambil mendengarkan musik.

3. Gaya belajar kinestetik

Gaya belajar ini cocok banget untuk yang kamu senang bergerak dan melakukan olahraga. Seorang siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik juga biasanya tidak betah berlama-lama duduk untuk memahami materi pelajaran.

Untuk kamu yang memiliki gaya belajar kinestetik, cara belajar paling efektif yang bisa kamu lakukan adalah belajar sambil bergerak atau melakukan olahraga. Misalnya saja jika kamu sedang belajar matematika dengan materi penambahan angka, maka tidak ada salahnya jika kamu memahami dan menghafal materi sambil bermain lompat tali.

4. Gaya belajar membaca

Bisa dibilang gaya belajar membaca merupakan salah satu gaya belajar yang paling banyak dimiliki oleh siswa. Siswa dengan gaya belajar ini biasanya akan dengan lebih mudah memahami materi pelajaran dari buku pelajaran. Saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, siswa dengan gaya belajar membaca biasanya akan membaca materi langsung dari buku pelajaran. Karena hal ini akan membuat siswa lebih mudah memahami materi.

Selain itu, salah satu cara belajar paling efektif yang bisa dilakukan oleh kamu yang memiliki gaya belajar membaca adalah dengan sering-sering membaca artikel tentang materi pelajaran. Saat ini di internet juga ada ratusan artikel mengenai materi pelajaran di sekolah yang bisa kamu gunakan.

Memahami materi pelajaran dari artikel biasanya juga lebih menyenangkan karena jumlah katanya tidak terlalu panjang, namun tetap lengkap sehingga kamu bisa memahami materi pelajaran dengan sebaik mungkin.

5. Gaya belajar menulis

Sering menulis buku harian dan menuliskan kembali materi pelajaran di buku catatan adalah ciri khas siswa yang memiliki gaya belajar menulis. Siswa dengan gaya belajar menulis biasanya akan dengan senang hati mencatat semua informasi yang diberikan oleh guru. Saat belajar sendiri, siswa dengan gaya belajar menulis juga akan lebih senang menuliskan semua materi yang dipelajari di selembar kertas. Karena cara ini benar-benar bermanfaat untuk memudahkan pemahaman materi. Untuk mendukung gaya belajar menulis, kamu disarankan untuk memiliki beberapa buku yang memang khusus digunakan untuk mencatat semua materi.

Nah, itu tadi beberapa pilihan gaya belajar yang bisa kamu lakukan. Pada dasarnya tidak ada gaya belajar yang salah atau benar karena setiap siswa memiliki gaya belajarnya masing-masing. Jadi, jangan malu atau rendah diri jika ternyata gaya belajar yang kamu lakukan berbeda dengan gaya belajar kebanyakan siswa lain.

Kamu juga bisa menggabungkan beberapa gaya belajar sekaligus. Hal ini bermanfaat untuk mencegah kamu menjadi mudah jenuh atau suntuk yang berakibat menurunnya semangat belajar. 

Referensi

https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/types-of-learning-styles/ 

Artikel Terkait