5 Cara Membuat Mind Mapping untuk Siswa

Kamu ingin tahu cara belajar yang menyenangkan menggunakan mind mapping? Kalau iya, yuk cari tahu cara membuat mind mapping dan tips belajar dengan mind mapping di bawah ini.

Mind mapping adalah metode belajar yang dilakukan dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis atau gambar. Sederhananya, mind mapping juga bisa disebut sebagai rangkuman materi pelajaran dalam bentuk gambar. Saat membuat mind mapping kamu bisa dengan bebas membuat gambar apapun dan menggunakan warna apapun yang disukai. Namun, pastikan kamu benar-benar paham dengan mind mapping yang dibuat ya.

Menariknya lagi, mind mapping bisa diterapkan untuk hampir semua mata pelajaran, bahkan untuk pelajaran Matematika sekalipun. Ingat juga bahwa mind mapping yang kamu buat tidak harus dimengerti oleh semua orang. Karena mind mapping memang ditujukan untuk diri sendiri, bukan orang lain.

Berbagai manfaat mind mapping

Mind mapping punya banyak manfaat yang sayang banget untuk kamu lewatkan, yaitu:

·         Membantu kamu memahami materi pelajaran dengan lebih mudah.

·         Membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan

·         Membuat materi pelajaran yang rumit menjadi lebih mudah dipahami

·         Meningkatkan prestasi belajar

·         Meningkatkan produktivitas

·         Meningkatkan kreativitas

·         Bisa dipelajari dalam suasana apapun

Cara membuat mind mapping

Pada dasarnya membuat mind mapping tidak sesulit yang dibayangkan kok. Beberapa cara membuat mind mapping yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Siapkan perlengkapan

Agar proses pembuatan mind mapping bisa berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan yang akan digunakan ya. Beberapa perlengkapan yang bisa kamu gunakan untuk membuat mind mapping adalah buku catatan atau buku gambar, spidol, krayon, atau pensil warna, dan stiker. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyiapkan buku mata pelajaran yang akan kamu buat mind mappingnya. Hal ini bisa bermanfaat untuk memudahkanmu dalam proses pembuatan mind mapping. Untuk spidol, krayon, pensil warna, atau stiker kamu bisa menggunakan salah satu atau semuanya. Hal ini bisa tentukan berdasarkan selera.

2. Tentukan mata pelajaran dan materi yang ingin dibahas

Hal kedua yang perlu kamu lakukan untuk membuat mind mapping adalah menentukan konsep atau materi utama yang ingin kamu buat. Idealnya satu mind mapping dibuat untuk satu materi saja. Misalnya mata pelajaran Sosiologi dengan materi “Struktur sosial”. Materi utama ini akan menjadi inti dari mind mapping. Tidak menutup kemungkinan kamu akan memiliki banyak mind mapping untuk satu mata pelajaran.

3. Tambahkan cabang ke konsep utama

Setelah kamu memiliki konsep utama dan menuliskan nama konsep atau materi di tengah kertas, sekarang saatnya kamu menambahkan cabang-cabang yang akan menguraikan subtopik paling dasar. Cabang-cabang ini akan membantu kamu untuk memahami materi dengan lebih mudah.

4. Gunakan kata atau frasa yang pendek

Cara lain yang bisa kamu terapkan saat membuat mind mapping adalah dengan menggunakan kata atau frasa yang pendek dalam setiap cabang informasi. Misalnya poin yang ingin kamu tulis sebenarnya adalah “Hormat kepada orang tua”, maka kamu bisa tuliskan kata “Hormat” atau “Orang tua” saja. Namun, pastikan kamu benar-benar paham dengan semua kata yang ditulis ya.

5. Tambahkan gambar dan warna

Tahapan terakhir dan paling menyenangkan untuk membuat mind mapping adalah menambahkan gambar dan warna semenarik mungkin. Gambar dan warna yang kamu gunakan juga bisa beraneka ragam, tergantung selera. Ingat lagi, bahwa mind mapping tidak harus dimengerti oleh orang lain. Hal yang paling penting kamu lakukan adalah kamu paham dengan mind mapping yang telah dibuat.

Tips belajar menggunakan mind mapping

Agar belajar menggunakan mind mapping bisa terasa lebih maksimal, yuk simak belajar menggunakan mind mapping berikut ini:

1. Luangkan waktu untuk membaca mind mapping setiap pulang sekolah

Salah satu tujuan utama pembuatan mind mapping adalah untuk membantumu memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Oleh karena itu, jika kamu membuat mind mapping saat melakukan proses belajar dari sekolah  (baik school from home maupun sekolah tatap muka langsung) berlangsung, setelah pulang sekolah, istirahat dan makan, tidak ada salahnya jika kamu membaca mind mapping.

2. Baca materi mind mapping sambil mendengarkan musik

Karena pada dasarnya mind mapping dibuat untuk membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan dan memudahkan proses pemahaman materi, tidak ada salahnya jika kamu mendengarkan musik saat belajar. Karena mendengarkan musik saat belajar ternyata bisa bermanfaat untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Jadi kamu bisa menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran. Namun, jangan memaksakan diri untuk mendengarkan musik saat belajar jika kamu tidak suka ya. Karena pada dasarnya setiap anak memiliki kebiasaan masing-masing.

3. Tes kemampuan

Sebagus dan sebaik apapun mind mapping yang kamu buat, rasanya mind mapping tidak akan efektif jika kamu tidak mengukur kemampuan setelah mengerjakan mind mapping. Oleh karena itu, setiap selesai mengerjakan mind mapping, tidak ada salahnya jika kamu langsung mencoba mengerjakan latihan soal untuk mengetes kemampuan belajar.

Jika ternyata hasil tesnya kurang baik, ada kemungkinan kamu kurang paham dengan materi mind mapping yang telah dibuat. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu kembali merapikan mind mapping atau mencoba memahami mind mapping lebih dalam lagi.

Nah, itu cara membuat mind mapping yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Pada dasarnya salah satu tujuan utama pembuatan mind mapping adalah agar kamu bisa melakukan proses belajar dengan lebih menyenangkan. Jadi, kamu tidak akan merasa terbebani saat belajar. Kalau kamu ingin belajar dengan cara yang juga tidak kalah menyenangkan, yuk gunakan Pijar Belajar.

Karena belajar dengan Pijar Belajar yang akan membuat proses belajar semakin menyenangkan dan memudahkanmu memahami materi pelajaran, sehingga bisa meningkatkan prestasi belajar.

Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi oleh beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.

Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di handphone. Jadi, kamu akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali. Menarik banget kan. Jadi, yuk gunakan aplikasi Pijar Belajar sekarang juga.

 Referensi

https://cacoo.com/blog/8-science-backed-benefits-of-mind-mapping/

https://www.lucidchart.com/pages/how-to-make-a-mind-map

https://www.ayoa.com/mind-mapping/how-to-mind-map/


 

Artikel Terkait